2 DARI 5 BEGAL SADIS KERAP BERAKSI PAKAI PISTOL MAINAN DI CIKARANG BARAT DIHADIAHI TIMAH PANAS POLISI

IMG-20200205-WA0028.jpg

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI) – Jajaran Unit Reskrim Polsek Cikarang Barat, Polres Metro Bekasi, atas perintah Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, SIK, Msi dan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana berhasil mengungkap aksi pencurian dengan pemberatan (curat) yang kerap meresahkan warga di Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat, Iptu Awang Parikesit menjelaskan, bahwa terungkapnya kasus ini berkat pengaduan korban bersama saksi-saksi ke Mapolsek Cikarang Barat yang kemudian dilakukan penyelidikan hingga Polisi dapat menangkap lima orang pelaku berinisial DND (20), RB (22), RJ (25), AQL (19), dan UDY (16), berikut barang buktinya.

Penangkapan ke lima pelaku bermula dari hasil pengembangan pelaku berinisial DND yang lebih dulu ditangkap.

“Kemudian diamankan pelaku lainnya (RB) saat akan melakukan balap liar di wilayah Telukjambe, Karawang. RB sempat melawan, sehingga kami melakukan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku. Lalu kami kembangkan lagi hingga mengarah ke tempat berkumpulnya (base camp-red) yang merupakan rumah kosong di wilayah Desa Cibuntu, Kecamatan Cikarang Barat. Kami amankan tiga pelaku lainnya, yakni RJ, AQL, dan UDY. Kami juga melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku RJ,” ungkap Awang Parkesit saat press release di Mapolsek Cikarang Barat, Rabu (05/02/2020) siang.

Modus operandinya, dirinya menuturkan, pelaku mengendarai motornya dengan berkeliling sambil mencari sepeda motor yang terparkir di jalan ataupun di depan kontrakan yang ditinggal pemiliknya dalam keadaan sepi.

“Kemudian, saat pelaku melihat sepeda motor yang tengah terparkir di pinggir jalan atau di depan rumah, pelaku langsung beraksi dengan menggunakan kunci letter T, dan sering sekali pelaku menunggu korban lengah atau lupa mencabut kunci kontak yang masih menempel di sepeda motor korban,” ujar Kanit Reskrim.

“Para pelaku merupakan sindikat bongkar pasang dalam melakukan pencurian dengan TKP yang berbeda-beda,” tambahnya.

Dihadapan petugas, RJ mengaku sudah melakukan aksinya sebanyak 40 kali dan merupakan residivis dengan kasus yang sama sebanyak 4 kali.

Para pelaku ini, lanjut Awang, sering melakukan aksi begal dengan menggunakan pistol mainan untuk mengancam korbannya.

“Kelima pelaku dijerat dengan Pasal 363 juncto 365 ayat (1) tentang Pencurian dan Pemberatan Ke 4e KUH-Pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun,”tandasnya.

Reporter : Briptu Candra
Editor : A.riri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s