BERITA BERITA AKTUAL KABAR POLISI KEAMANAN

Antisipasi Kenakalan Remaja Ke Arah Kriminal, Kapolres Gelar Dengar Pendapat Dengan MKKS SMK Se Kabupaten Bekasi

Kapolres Metro Bekasi Saat Menggelar Dengar Pendapat di Lt 2 Ruang Rapat Mapolrestro Bekasi

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI) – Aksi Tawuran antar pelajar yang terjadi pada hari Rabu (19/2/2020) kemarin diwilayah hukum Polsek Cikarang Selatan yang mengakibatkan 1 orang siswa SMKN Cikarang Pusat meninggal dunia, menjadi perhatian khusus Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan S.I.K, M.Si.

Jum’at (21/2/2020) siang, Kapolres Menerima kedatangan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMKN sekabupaten Bekasi di ruang rapat lantai 2 Mapolres Metro Bekasi. Kehadiran para pengurus tersebut berdasarkan undangan Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan S.I.K, M.Si yang ditujukan kepada seluruh pengurus MKKS SMK Kabupaten Bekasi.

Dalam kesempatan tersebut, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan maksud dan tujuannya mengundang pengurus MKKS SMK Kabupaten Bekasi sebagai langkah antisipasi serta merespon maraknya aksi kejahatan yang kerap dilakukan oleh para pelajar. Menurut data yang ada tindak kejahatan yang dilakukan oleh para pelajar tingkat SMK mencapai 41%, dan tingkatannya saat ini sudah meningkat.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK sekabupaten Bekasi, tujuan saya mengundang kehadiranya hari ini terkait terjadinya tawuran antar pelajar pada hari Rabu di wilayah cikarang selatan, ada 1 orang korban yang meninggal. Saya ingin menghimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk ikut mengawasi perilaku anak didiknya disekolah” kata Kombes Pol Hendra Gunawan saat membuka rapat audensi.

Selain aksi tawuran Kapolres juga menyoroti aksi bullying sesama siswa disekolah dan penindakan guru terhadap siswanya yang berlebihan sehingga viral di media sosial. Ia juga menambahkan kasus penyalahgunaan narkoba, premanisme, geng motor serta lainnya, sangat banyak yang terjadi melibatkan anak-anak di usia pelajar SMK baik sebagai pelaku atau pun korbannya.

Kondisi global saat ini naik turun, maka kita harus dapat mengarahkan para pelajar ke arah yang berguna dan bermanfaat. Saya minta kedepannya mari kita sama-sama memberikan anak-anak kita ini kemampuan dan wawasan yang lebih luas agar mereka memahami kondisi kedepan akan lebih berat dari sekarang, pihak sekolah harus mempunyai inovasi-inovasi yang positif. Bagaimana para pelajar mempunyai pikiran positif dan kemauan untuk maju, inilah tugas kita untuk mengarahkan mereka” tegas Kapolres.

Salah satu pengurus MKKS SMK Kabupaten Bekasi, Dika yang berasal dari SMK Puja Bangsa mengatakan, kenakalan remaja semakin mengkhawatirkan. Maka menurutnya butuh sinergi dengan pihak kepolisian dalam hal tersebut adalah Polres Metro Bekasi serta jajaran Polsek. Ia menyatakan harus ada efek jera dari keterlibatan mereka dalam aksi tawuran, geng motor dan kenakalan remaja lainnya yang sifatnya membahayakan dan mengarah kepada tindak pidana.

Menganggapi hal tersebut Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan pihaknya harus memiliki metode yang efektif, dengan sinergitas antara sekolah serta dinas pendidikan untuk rutin menggelar razia para pelajar yang berpotensi melakukan tindakan-tindakan negatif.

“Kita harus mempunyai metode yang efektif, dengan cara kita pihak kepolisian harus bekerjasama dengan pihak sekolah ataupun sebaliknya, untuk melakukan razia terhadap pelajar yang membolos dan kitapun harus bekerjasama dengan dinas pendidikan. Ini tidak boleh didiamkan, karena efeknya akan negatif, kita harus dapat mengarahkan mereka ke arah yg positif” tegas Kapolres.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: