BERITA BERITA AKTUAL KABAR POLISI KEAMANAN

Jadi Narsum Sosialisasi Peningkatan SDM dan Kesadaran Hukum, Ini Yang Disampaikan Kapolsek Cibarusah

Kapolsek Cibarusah Saat Menjadi Salah Satu Narsum di Acara Peningkatan SDM dan Kesadaran Hukum di Cibarusah Kota

AKTUALINDONESIA.com, ( BEKASI)- Kepala Kepolisian Sektor Cibarusah, Polres Metro Bekasi, AKP Sukarman, SH menjadi salah satu nara sumber pada acara sosialisasi peningkatan sumber daya manusia dan kesadaran hukum di Kabupaten Bekasi di aula Kantor Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (10/03/2020) pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Kegiatan yang di selenggarakan oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Bekasi, turut hadir sebagai peserta, yakni Kades Cibarusah Kota, Perangkat Desa Cibarusah Kota, Kadus, RT dan RW se-Desa Cibarusah Kota, BPD Cibarusah Kota, Karang Taruna Desa Cibarusah Kota dan Kecamatan Cibarusah serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Desa Cibarusah Kota.

Selain Kapolsek Cibarusah, ada beberapa narasumber lainnya, diantaranya Kasubag Bantuan Hukum Kabupaten Bekasi, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Kasubag TU Lapas Kelas III Kabupaten Bekasi serta Kepala Seksi Bilas Islam Kementerian Agama Kabupaten Bekasi.

Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman dalam sambutannya mengatakan semua unsur pendukung yang hadir dalam sosialisasi mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda, akan tetapi dalam membangun kesadaran hukum masyarakat mempunyai tanggung jawab yang sama dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi yaitu “Masyarakat Yang Sadar Akan Hukum”.

“Semua mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda, akan tetapi dalam membangun kesadaran hukum masyarakat mempunyai tanggung jawab yang sama,”kata AKP Sukarman, Selasa (10/03).

Namun sebelum dilakukan penegakan hukum, menurut AKP Sukarman, perlu dilakukan pembinaan kesadaran hukum kepada masyarakat serta peningkatan kapasitas sumber daya manusianya.

“Peningkatan sumber daya ini penting, personil Polri juga memahami tupoksinya saat melakukan penegakan hukum di lapangan,” sebutnya.

AKP Sukarman menegaskan, bahwa membangun kesadaran hukum masyarakat merupakan tugas bersama yang harus terus dilakukan. Upaya membangun kesadaran hukum masyarakat tersebut salah satunya dilakukan melalui peran seorang penyuluh hukum.

“Penyuluhan hukum adalah kegiatan penyebarluasan informasi hukum dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta pengembangan kualitas penyuluhan hukum guna mewujudkan dan mengembangkan kesadaran hukum masyarakat sehingga tercipta budaya hukum dalam bentuk tertib dan taat atau patuh terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku demi tegaknya supremasi hukum,”beber Kapolsek.

AKP Sukarman membahkan dengan mengambil contoh himbaun kepada para pelajar yang tidak pernah memakai helm saat ke sekolah melintasi jalan raya.”Ambil contoh sederhana, saat pelajar berangkat ke sekolah melintasi jalan raya, sudah sering dilakukan peneguran untuk memakai alat keselamatan seperti helm. Dan ini juga contoh untuk lebih menekankan orang tua akan lebih sadar akan hukum sebelum di berikan sangsi hukum,”tandasnya.(A.riri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: