BERITA BERITA AKTUAL KABAR POLISI KEAMANAN

Patroli Gabungan Polisi dan TNI di Cibarusah, Bubarkan Kerumunan Massa Kedepankan Upaya Persuasif dan Humanis

Patroli Gabungan Saat Melintas di Simpang Tiga Cibarusah

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)- Kepolisian Sektor Cibarusah, Polres Metro Bekasi bersama Koramil 09 Cibarusah menggelar patroli gabungan di jalan raya Kp. Rahayu dan jalan raya simpang tiga Cibarusah, Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (23/03/2020) kemarin malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman, melibatkan 8 personil Kepolisian dan 2 personil TNI bertujuan menghimbau warga yang ngumpul-ngumpul secara persuasif dan humanis pencegahan penyebaran virus corona (covid 19) sesuai maklumat Kapolri.

Kapolri Jenderal Idham Azis telah mengeluarkan maklumat pelarangan berupa larangan menggelar acara yang sifatnya mengumpulkan orang atau keramaian. Maklumat ini dikeluarkan mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerapkan sosial distancing (menjaga jarak sosial).

Maklumat itu dikeluarkan Kapolri dengan nomor Mak/2/lll/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19) pada tanggal 19 Maret 2020.

Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman menjelaskan bahwa patroli ini sifatnya adalah himbau, sesuai maklumat Kapolri. Pihaknya tidak segan untuk membubarkan bila masyarakat menggelar acara yang sifatnya mengumpulkan massa. Namun, pembubaran ini tetap mengedepankan asas persuasif dan Humanis.

“Kami melakukan tindakan-tindakan kemanusiaan mengedepankan upaya persuasif dan humanis untuk menyampaikan kalimat-kalimat menyampaikan himbauan-himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat yang masih terlihat berkumpul pada malam ini,” kata AKP Sukarman, Selasa (24/03).

AKP Sukarman mengatakan kerumunan massa seperti yang sudah dijelaskan dalam maklumat Kapolri, mulai dari kegiatan festival, bazar, resepsi pernikahan atau bahkan nongkrong di cafe dan pinggir jalan dengan jumlah banyak.

“Kerumunan massa walau hanya sekedar ngopi, duduk-duduk nongkrong-nongkrong di persimpangan dan pinggir jalan ini bahaya penyebaran virus Covid-19 sudah sangat berkembang,” ujar Kapolsek.

Lebih lanjut, AKP Sukarman memastikan bahwa seluruh personel Polsek Cibarusah mengerahkan seluruh kemampuan untuk menjalankan instruksi Kapolri. Tidak hanya Polri, demi mencegah penyebaran Virus Corona makin masif, TNI dan stakeholder lain juga dilibatkan.

“Pada prinsipnya, Polisi ingin keselamatan publik itu terwujud. Kami seluruh personel Polri dan ditambah dengan rekan TNI dan seluruh stakeholder bergerak tanpa henti untuk menghimbau, membubarkan bila diperlukan dengan tegas demi keselamatan publik,” pungkasnya.(A.riri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: