BERITA BERITA AKTUAL KABAR POLISI KEAMANAN

Pembentukan Relawan Desa Tanggap COVID-19 Tingkat RW Se Desa Cicau, Ini Penjelasan Kapolsek Cikarang Pusat

Pembentuk Relawan Desa Tanggap Covid-19 Tingkat RW Se Desa Cicau Juga Menerapkan Social Distancing

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (Balilatfo) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PTT) Eko Sri Haryanto menyebut, sudah sekitar 4.556 desa telah membentuk relawan Desa tanggap Corona Covid-19.

Angka itu, menurut perhitungan baru sekitar enam persen jumlah desa di seluruh Indonesia yang mencapai 74.953 Desa.

Atas dasar tersebut, pemerintahan Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat ikut membentuk relawan Desa Tanggap Covid-19 tingkat RW se Desa Cicau, di Posko Covid-19 Kantor Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (11/04/2020) pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Desa Maman M Fahlevi beserta jajarannya, Bhabinkamtibmas Desa Cicau Bripka Endang S, Babinsa Serma Kosim dan Sertu Lapua, Bidan Desa Neni beserta jajarannya dan MUI Desa Cicau Ustadz Badri.

Kapolsek Cikarang Pusat, AKP Somantri mengatakan bahwa pembentukan relawan RW se Desa Cicau memiliki tugas begitu mulia. Pasalnya, para relawan inilah yang bertugas di garda terdepan untuk melindungi lingkunganya dari paparan wabah Corona Covid-19.

“Relawan se Desa Cicau ini dipimpin oleh Kepala Desa serta harus tunduk dan menerjemahkan peraturan pemerintah mengenai Corona Covid-19. Sementara wakil ketuanya adalah Badan Permusyawaratan Desa (BPD),”kata AKP Somantri saat di temui terpisah Aktualindonesia.com di Mapolsek Cikarang Pusat, Sabtu (11/04).

Sehingga, lanjut AKP Somantri, perubahan anggaran akan memudahkan sehingga itu menjadi kunci dalam pembiayaan atau sistem anggaran di dalam Desa itu sendiri.

AKP Somantri menjelaskan, tugas relawan RW se Desa Cicau mesti bisa bekerja sama dengan pihak rumah sakit. Di samping juga kerjasama dengan puskesmas.

“Yang berikutnya menempatkan OPD di ruang isolasi. Nanti masyarakat bersama relawan mendata seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut AKP Somantri, relawan se Desa Cicau juga bertugas menyiapkan logistik bagi para ODP yang diisolasi.

“Logistik bukan hanya bagi yang diisolasi, tapi mempersiapkan kepada masyarakat yang secara sosial terdampak ekonomi. Karena juga terikat dengan dampak ekonominya. Mereka juga terputus pekerjaannya karena mereka harus di rumah,” kata dia.

Sementara bagi PDP, tambah AKP Somantri, relawan se Desa Cicau bertugas untuk melaporkan mereka ke puskesmas maupun rumah sakit.

“Tugas lainnya juga mengenai pendataan arus penduduk masuk maupun keluar dari Desa. Juga mengelola kendali informasi, jangan sampai masyarakat jadi cemas karena informasi-informasi tidak jelas, harus bisa menjelaskan,” paparnya.

Relawan Desa, kata AKP Somantri, juga harus memastikan di lingkungannya tidak terjadi kerumunan baik itu kerumunan pagelaran budaya maupun keagamaan.

“Desa harus memulai membuat pranata sosial baru. Apa yang sesuai dengan kebutuhan di Desa agar tidak memunculkan konflik sosial,” pintanya.

“Contohnya aturan baru dalam menerima tamu, dalam pemakaman, dan juga mengenai keamanan lingkungan,” imbuhnya.

Hal itu dilakukan guna meminimalisir konflik yang terjadi di desa imbas wabah Covid-19 ini. Misalnya penolakan pemaknaan bagi pasien positif Corona Covid-19.

“Para relawan RW se Desa Cicau juga diminta untuk terus menginformasikan kabar penting yang perlu diterima masyarakat mengenai Corona,” jelas AKP Somantri.(A.riri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: