BERITA BERITA AKTUAL KABAR POLISI KEAMANAN

Dinkes Kab. Bekasi Bersama Polisi dan TNI Gelar Tes Swab Pedagang Pasar Kedung Gede Secara Masif untuk Lacak Kasus Covid-19

Salah Satu Pedagang Yang Melakukan Tes Swab di Pasar Kedung Gede

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)- Dinkes Kabupaten Bekasi menggelar tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) belakangan dilakukan secara masif terhadap pedagang pasar tradisional.

Pada kegiatan tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) kali ini, pihak Dinkes Kabupaten Bekasi melalui 5 Puskesmas, Polsek Kedungwaringin, TNI serta unsur Muspika Kedungwaringin menjaring para pedagang dan pengunjung pasar tradisional Kedunggede yang berada di Kp. Bojong Rt. 001/ Rw 001, Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Senin (13/07/2020) kemarin siang sekitar pukul 08.30 WIB.

Kapolsek Kedungwaringin, AKP Suwarto menuturkan, tes dilakukan masif setelah adanya pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB), terutama di wilayah yang berpotensi tinggi menjadi tempat penularan.

“Tes yang ditujukan kepada ratusan pedagang pengunjung pasar tradisional Kedunggede tersebut bertujuan untuk melacak kasus-kasus Covid-19 yang muncul di wilayah Kecamatan Kedungwaringin,”kata AKP Suwarto dalam keterangan tertulisnya kepada Aktualindonesia.com, Selasa (14/07).

“Tapi untuk yang sekarang agresif tanda kutip itu pada saat masa-masa ada mulai pelonggaran plus ada pemetaan daerah yang berpotensi rawan. Bukan hanya di permukiman, tapi juga kalau di situ ada tempat umum yang berpotensi untuk jadi sumber maka kami lakukan tracing,” lanjutnya.

Menurutnya, pihak Kepolisian dan Dinas Kesehatan kini sedang gencar melakukan tes swab dengan metode PCR di pasar-pasar untuk melacak kasus Covid-19 yang muncul.

“Sebenarnya kalau ada kasus confirm, tracing kontak tentunya. Kalau memang pasar itu menjadi suatu area yang harus di-tracing sesuai kontak rate tentunya dilakukan sejak awal,” ujar Kapolsek.

Hingga saat ini, masih dikatakan AKP Suwarto, ada 100 orang pedagang dan warga lingkungan Pasar Tradisional Kedunggede yang melakukan tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) awal.

“Sebelum dilakukan tes, para pedagang dan warga (pengunjung) diwajibkan membawa KTP, menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum dilakukan tes. Untuk tahapannya sendiri, yakni pendaftaran, entry data pedagang/warga, pengambilan sampel tes swab dan penyemprotan disinfektan kepada pedagang/warga yang sudah melaksanakan tes swab,”kata dia.

“Setelah selesai, sampel tes Swab yang sudah diambil akan dikirim ke Labkesda Kabupaten Bekasi dan menunggu hasil Lab dalam waktu 1-2 minggu ke depan. Selain itu, dalam kesempatan tersebut dilakukan peneguran disiplin terhadap pengguna jalan yang tidak menggunakan masker yang melintas di lokasi pelaksanaan tes Swab,”tutupnya.(A.riri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: