BERITA BERITA AKTUAL KABAR POLISI KEAMANAN

Polsek Cibarusah Hadiri Penyuluhan Hukum Yang Digelar Kejaksaan Negri Kab.Bekasi

Kapolsek Cibarusah Saat Hadiri Penyuluhan Hukum di Gedung Serbaguna Kecamatan Cibarusah

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)- Kapolsek Cibarusah AKP Sukarman SH bersama para Kanit mengikuti penyuluhan hukum yang digelar oleh Kejaksaan Negri Kabupaten Bekasi di gedung Serbaguna Kantor kecamatan Cibarusah, Desa Cibarusah, Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Salasa (25/08/2020) pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Kegiatan penyuluhan hukum oleh team penyuluhan kejaksaan Negri Kabupaten Bekasi kali ini di pimpinan Kasi Intel Kajari Seno.

Selain itu, kegiatan juga di hadiri oleh Camat Cibarusah, Danramil Cibarusah, Kepala Puskesmas Cibarusah, Kepala KUA Cibarusah, Ketua Karang Taruna Cibarusah, para Kepala Desa se Kecamatan Cibarusah serta toga, tomas dan toda di Kecamatan Cibarusah.

Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman, SH mengatakan, penyuluhan hukum yang digelar oleh Kejaksaan Negri Kabupaten Bekasi buat Muspika, para aparatur desa dan masyarakat di Kecamatan Cibarusah.

“Dalam kegiatan penyuluhan hukum, para peserta diberi penerangan hukum terkait penggunaan dana desa,” kata AKP Sukarman kepada Aktualindonesia.com, Selasa (25/08).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan pelanggaran penggunaan dana desa dengan memberikan pemahaman agar para kepala desa dan perangkatnya memahami sanksi hukum jika melakukan penyalahgunaan dana desa.

“Kepala Desa bertanggung jawab atas penggunaan dana desa, untuk itu harus hati-hati dalam pengelolaannya agar tidak terjerat hukum,” katanya.

Peruntukkan dana desa bersumber dari APBN yang ditransfer melalui APBD kabupaten/kota yaitu digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Jadi jangan digunakan untuk kepentingan pribadi kalau tidak ingin bermasalah dengan hukum. Sebab, sudah banyak oknum kepala desa yang masuk penjara gara-gara menyalahgunakan dana desa ini,” ujar dia.

Modus operandi korupsi dalam penggunaan dana desa yang umum terjadi antara lain seperti penggelembungan (markup) dalam penyusun rencana anggaran untuk pembiayaan kegiatan tertentu dan pengurangan kualitas dari fisik bangunan yang dibiayai dengan dana desa.

“Oleh sebab itu kami bersama Kejaksaan Negri Kabupaten Bekasi ingatkan jangan main-main dengan dana desa. Karena dana ini diberikan pemerintah untuk kepentingan masyarakat banyak bukan untuk kepentingan pribadi,” tutupnya.(A.riri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: