BERITA BERITA AKTUAL KABAR POLISI KEAMANAN

Antisipasi Rencana Aksi Mogok Nasional Oleh Buruh, Polsek Cikarang Lakukan Penggalangan Kepada Perwakilan HRD di Kawasan Industri Jababeka

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)- Kapolsek Cikarang Kompol Alin Kuncoro, S.Pd melakukan penggalangan terhadap HRD perusahaan yang berada di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (02/10/2020)lalu.

Kegiatan yang dihadiri jajaran utama personel Polsek Cikarang tersebut bertempat di aula Polsek Cikarang terkait rencana aksi Monas tanggal 6, 7 dan 8 oktober 2020. Selain itu, kegiatan juga di hadiri Tokoh Masyarakat Kabupaten Bekasi H Enjum El Dabo beserta perwakilan HRD PT Mattel, PT Yasufuku, PT Patria, PT Global Dimensi, PT Daelim, PT Chemco, PT Ming Hong, PT Showa, PT Changchun, PT Internasional Paint, PT.Mah Shing, PT LTTPE, PT.Cikarang Listrindo, PT Dyna Plast, PT.Cikarang Nusantara, PT Wine Gas, PT.KMK Plastic Indonesia dan PT.Sari Roti.

Kapolsek Cikarang Kompol Alin Kuncoro, S.Pd mengatakan, penggalangan terhadap HRD perusahaan yang berada di Kawasan Industri Jababeka terkait rencana aksi mogok nasional yang akan dilakukan oleh Serikat Pekerja / Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pada tanggal 6, 7, 8 Oktober 2020.

“Terkait adanya rencana aksi mogok nasional buruh, saya berharap para HRD bisa bekerja sama dengan aparat Kepolisian. Saya juga mengharapkan para perwakilan HRD mempunyai ketegasan untuk menegakan aturan,”kata Kompol Alin Kuncoro dalam keterangan tertulisnya kepada Aktualindonesia.com, Minggu (4/10).

Menurut Alin, mogok kerja sudah di ataur dalam undang undang di Republik Indonesia, akan tetapi nanti akan ada mobil komando dari buruh berputar kawasan untuk mengajak buruh untuk melakukan mogok.

“Hal ini yang akan kita antisipasi agar tidak ada sweeping untuk ajakan mogok kerja. Pada tanggal 5 Oktober seperti yang direncanakan akan ada gelar pasukan dalam pengamanan giat aksi mogok nasional tersebut,”ujarnya.

Alin menjelaskan, nantinya akan di ploting personil Polri di titik pengamanan, seperti di Jababeka 2, Jurong, Pos Cantik, Pintu masuk tol Cikarang Utara dan titik lain yang perlu di lakukan pengamanan.

“Pihak kami sangat berharap, bahwa hasil dari rapat ini agar di sampaikan kepada HRD lainnya yang belum bisa hadir,”katanya.

Sementara itu, salah satu Tokoh masyarakat di Kabupaten Bekasi, H. Enjum El Dabo menambahkan, bahwa tugas pengaman tersebut bukan hanya sekedar tugas dari TNI – Polri, akan tetapi tugas bersama.

“Masyarakat Bekasi Besatu (MBB) bukan LSM, karena ini gagasan dari saya, anggotanya (tukang Ojek, tukang bubur, pengusaha kontrakan dll), jumlah nya sekitar 72.000 orang,”kata dia.

Ia menuturkan, sasaran tembak dari aksi mogok nasional yakni untuk menggagalkan Omnibus agar tidak di syahkan, pada hal Omnibus Law sudah resmi di syahkan.

“Dalam menghadapi rencana aksi mogok nasional tanggal 6, 7, 8 agar tidak panik. Pekerja yang akan di manfaatkan adalah pekerja yang masuk sif 3, untuk Sif 1 tetap bekerja sebagai mesti nya, kalau ada buruh yang melakukan sweeping, maka MBB, juga akan melakukan sweeping. Untuk Sweeping di perusahaan diharapkan jangan sampai terjadi,”tuturnya.

“Kalau ada pengurus PUK yang ijin mogok, agar di ijinkan, tapi harus di kasih waktu, beri kesempatan foto-foto/vidio, karena mereka juga di tekan oleh pimpinan Serikat nya. Kita harapkan mudah- mudahan Kawasan Industri Jababeka tetap kondusif,”tambahnya.

Selain itu, masih menurutnya, bahwa dari Kawasan Industri Jababeka rencana akan menyediakan 200 kamar tempat isolasi karyawan yang terdampak Covid 19.

“Untuk saung buruh sudah kita pindahkahkan ke perkampungan di wilayah Cikarang Timur, sehingga sudah tidak berada lagi di Kawasan Jababeka,”katanya.

Lain hal dengan salah satu perwakilan HRD dari PT Daelim, Daden yang menyampaikan kegembiraannya dengan adanya undangan rapat dalam rangka mengatisipasi aksi mogok nasional ini.

Saya sudah bosan dengan serikat buruh di PT Daelim yang sering kali terlibat dalam melakukan aksi unjuk rasa (Demo), akan tetapi kami tetap rencana nya PUK akan menyediakan mobil komando. Saya merasa tenang atas pola pengamanan yang akan di lakukan oleh Kapolsek Cikarang, sehingga kami semua merasa tenang,”ungkapnya.(A.riri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: