Puluhan Petugas Saat Menggelar Razia Knalpot Bising

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)- Puluhan petugas dari Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi menggelar razia kendaraan sepeda motor yang menggunakan klanpot bising maupun bobokan, pada Selasa (30/3/2021).

Hasilnya, sembilan motor menggunakan knalpot bising itu diberikan tindakan berupa tilang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi, AKBP Ojo Ruslani mengatakan bahwa razia knalpot bising dilakukan di tiga titik lokasi di Kabupaten Bekasi.

Seperti, di Jalan RE Martadinata Cikarang Utara, Terminal Kalijaya Jalan Fatahillah dan Jalan Inspeksi Kalimalang Tambun.

“Hasilnya kami mendapatkan sembilan motor menggunakan klanpot bising ataupun blong hasil bobokan,” kata Kasatlantas, pada Selasa (30/3/2021).

Kasatlantas menjelaskan sembilan motor yang terkena razia klanpot bising itu terdiri dari motor jenis sport atau pun motor jenis matic.

Penindakan ini dilakukan berdasarkan Undang-undang (UU) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 Ayat 1.

Pasal 285 Ayat 1 berbunyi setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

“Kami melakukan penindakan tilang dan menyita kendaraan pelanggar sampai mengganti knalpot dengan menggunakan yang standar pabrikan,” tutur dia.

Kasatlantas juga menambahkan, kegiata razia knalpot bising ini akan terus gencar dilakukan. Dinilai, knalpot bisa itu dapat menimbulkan polusi suara sehingga mengganggu warga ataupun pengendara lain.

“Coba aja kamu lagi naik motor, tiba-tiba motor knalpot bising nyalip itu kaget bukan main kuping itu sakit rasanya. Maka kita terus gencar lakukan razia,” tutupnya.(A.riri).

Tinggalkan Balasan