Kapolres Metro Bekasi Beri Trauma Healing Kepada Warga Korban Penggusuran

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)–Satpol PP Kabupaten Bekasi mengeksekusi sejumlah rumah di Kampung Jati, Kelurahan Jatimulya, Tambun Selatan, untuk lahan Depot Lintas Rel Terpadu (LRT), Kamis (12/3/2020) pagi.

Petugas dibagi menjad 4 regu, 2 regu mengamankan proses eksekusi lahan, dan 1 masing-masing 1 regu berjaga di sekat Tol Jakarta-Cikampek dan sekat Kalimalang.

Sebelum eksekusi dimulai Pengadilan Negeri Kabupaten Bekasi membaca putusan tentang pengosongan rumah berdiri di atas lahan pemerintah.

Kepolisian turut hadir dalam eksekusi itu untuk menjaga situasi tetap kondusif. Di tengah-tengah puasa sunah Kamis, Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan terlihat turut hadir.

Kapolres memberikan pengertian kepada pemilik rumah tereksekusi dengan pendekatan persuasif.

“Kita kasih pengertian agar menerima putusan PN Cikarang sebagai bagian dalam mendukung program pemerintah agar tak ada kekerasan dan perlawanan dalam proses ini,” ucap dia.

Polisi juga turut menjembatani aspirasi para pemilik rumah tereksekusi agar dapat dipenuhi oleh pihak yang berkaitan. Perwira melati tiga itu juga memimpin pemulihan trauma (trauma healing) bagi anak-anak, kaum ibu dan warga lanjut usia.

“Kita juga antisipasi dengan mengerahkan anggota agar mengecek apakah di rumah-rumah ada senjata tajam apa sejenisnya atau tidak. Kita juga pastikan petugas tidak gunakan senjata api atau tembakan gas air mata,” ujarnya.

Masing-masing juru sita PN Kabupaten Bekasi didampingi oleh anggota BPN dalam proses ekskusi itu.

“Agar barang-barang milik warga aman kita siapkan 1 rumah 2 truk. Dan kita pastikan agar mobil mengawal saat bawaan barang dan orang di lokasi sementara,” kata dia.(A.riri).

Tinggalkan Balasan