WhatsApp Image 2020-02-08 at 20.12.01.jpeg

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI) – Perjalanan panjang mahasiswa mengawal bangsa Indonesia tidak bias diremehkan dan dikesampingkan. Peran mahasiswa selalu tertulis dan tercatat disetiap sendi sejarah perjalanan Indonesia. Melalui perkumpulan, organisasi-organisasi, pergerakan pemuda dan yang paling diingat adalah perjuangan tentara pelajar yang  pada akhir nya berubah menjadi Resimen Mahasiswa dewasa ini.

Sebagai bagian dari akademisi bangsa Indonesia sangat membutuhkan sumbangsih tenaga dan fikiran untuk memajukan bangsa Indonesia di era digital saat ini terlebih lagi saat menghadapi revolusi industry 4.0. Revolusi Industri merupakan sebuah perubahan secara besar-besaran di berbagai bidang kehidupan manusia seperti manufaktur, pertanian, pertambangan, transportasi, serta teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan-perubahan yang terjadi akan memiliki dampak pada kondisi ekonomi, sosial, dan budaya yang ada di dunia khususnya Indonesia.

WhatsApp Image 2020-02-08 at 20.12.54.jpeg

Seperti yang disampaikan oleh Menristekdikti dii era revolusi industri 4.0 ini penting sekali peran perguruan tinggi untuk membekali mahasiswanya dengan berbagai softskill yang dapat mengembangkan potensi serta kreativitas dan juga inovasi. Sehingga nantinya ketika lulus para mahasiswa tersebut dapat bersaing serta membuka lapangan kerja baru . Hal ini turut diperkuat oleh pernyataan Mohamad Nasir selaku Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang mengatakan bahwa mahasiswa merupakan pemeran utama dalam menghadapi tantangan revolusi industry 4.0. Oleh karenaya mahasiswa harus mengembangka potensinya semaksimal mungkin selama kuliah di kampus, tidak hanay di bidang kaademik namun juga kreativitas dan inovasi.

“Mahasiswa harus memiliki kemampuan kepemimpinan, kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi dan kemampuan berpikir kritis, karena mahasiswa adalah pemimpin dimasa depan” Begitulah yang disampaikan oleh Bripka Marsan Susanto  Bhabinkamtibmas Ds. Muara Bhakti Kec. Babelan saat memberikan Binluh dan melantik Resimen Mahasiswa Universitas Bhayangkara, Sabtu (08/02/2020).

Reporter : Rizki

Editor : Chandra

Tinggalkan Balasan