Kanit Binmas Iptu Jamil Saat Sosialisasikan Program Mang Jaka di Perum Taman Firdaus

AKTUALINDONESIA.com,(BEKASI) – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memutuskan memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) selama dua pekan mulai hari ini, Jumat (2/7). Kendati demikian, pemerintah daerah diberikan diskresi dalam penerapannya, termasuk jika ingin melonggarkan aktivitas sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB).

PSBB di daerah-daerah Jabar non-Bodebek sejak Jumat (26/6) sebenarnya telah berakhir. Sementara Bodebek mesti kembali memberlakukan PSBB karena berdekatan dengan Ibu Kota DKI Jakarta yang merupakan episentrum Covid-19. Apalagi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun telah memutuskan memperpanjang PSBB transisi mulai Jumat ini.

Untuk itu, pihak Kepolisian Resor Metro Bekasi meluncurkan program yang diberi nama Masyarakat Nyang Jaga Kampung (Mang Jaka).

Untuk menjalankan program bernama Masyarakat Nyang Jaga Kampung atau Mang Jaka dengan tujuan menjadikan masyarakat sebagai garda terdepan sekaligus subjek penanganan Covid-19.

Dalam langkah menjaga Kamtibmas yang Kondusif di masa pademi tersebut. Polsek Cibarusah gencar mengenalkan dan melakukan kegiatan sosialisasi kepada warga masyarakat terikait program “Mang Jaka” tersebut, salah satunya di Perum Taman Firdaus Residence, Desa. Cibarusah Kota, Kec. Cibarusah, Kab. Bekasi, Selasa (07/07/2020) malam.

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas Polsek Cibarusah, Iptu Jamil memimpin langsung kegiatan sosialisasi dan pemahaman apa itu program “Mang Jaka”.

Dengan didampingi Bhabinkamtibmas, Bripka Ade Suherman dan Babinsa Serka Mukson. Sosialisasi itu dihadiri oleh Ketua RW, Toga, Tomas dan Toda.

Program kerja Polres Metro Bekasi tentang “Mang Jaka” yaitu merupakan suatu kegiatan masyarakat yang saling mendukung satu sama lain, bermitra dengan aparatur pemerintah.

Selain itu, Program Masyarakat Nyang Jaga Kampung atau Mang Jaka bertujuan menjadikan masyarakat sebagai garda terdepan sekaligus subjek penanganan Covid-19.

“Mang Jaka ini merupakan rentang kendali hingga ke level paling bawah (RT/RW). Tugasnya membuat protokol sesuai kondisi lingkungan, mengawasai penerapan, dan menegakkan aturan,” kata Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman saat ditemui terpisah di Mapolsek Cibarusah, Kamis (09/07).

Menurut AKP Sukarman, program Mang Jaka ini juga bertujuan dalam rangka menjaga dan mengidentifikasi. “Tidak hanya permasalahan kamtibmas, namun juga masalah sosial, bencana alam dan non alam/wabah penyakit dalam lingkungan serta menemukan solusi pemecahanya kita harus saling bekerjasama,”tutur Kapolsek.

“Untuk itu Kepolisian Sektor Cibarusah, akan terus bekerjasama dengan warga masyarakat dalam hal menjaga kondusifitas wilayah,”tukasnya.(A.riri/Syahrul).

Tinggalkan Balasan