Personil Polsek Cibarusah Ikuti Test Swab di Puskesmas Cibarusah

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)- Sebanyak puluhan orang mengikuti tes usap (swab test) massal yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi melalui Puskesmas Cibarusah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pada Sabtu (22/08/2020) pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Kegiatan kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Cibarusah, Dr Adi P dan di ikuti personil Patroli (Sabhara) Polsek Cibarusah, personil Koramil 09 Cibarusah serta warga sekitar.

Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman, SH mengatakan tes swab massal tersebut digelar di Puskesmas Cibarusah, yang berada di Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

“Agenda tes swab massal hari ini cukup banyak peminatnya. Ini karena kesadaran masing-masing individu yang memang ingin memastikan kalau tidak ada virus corona di tubuhnya,” kata dia.

Menurut dia, kemungkinan hasil tes swab akan keluar dalam waktu beberapa hari ke depan karena yang mengikuti test swab cukup banyak.

Ia menyampaikan syarat bagi warga yang ingin mengikuti tes swab itu cukup mudah. Di antaranya membawa fotocopy KTP dan KTP asli serta meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi.

“Tes swab ini gratis semua. Kalau swab secara mandiri di rumah sakit harganya cukup mahal,” katanya.

Dia juga menjelaskan, tes dilakukan masif setelah adanya pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB), terutama di wilayah yang berpotensi tinggi menjadi tempat penularan.

“Tes yang ditujukan kepada personil Polsek Cibarusah dan personil Koramil tersebut bertujuan untuk melacak kasus-kasus Covid-19 yang muncul, apa lagi personil Kepolisian dan TNI sering bersentuhan dengan khalayak umum,”kata AKP Sukarman.

Para personil, masih menurut AKP Sukarman, langsung diambil sampel air liurnya melalui pemeriksaan swab. Mereka beberapa waktu lalu juga pernah menjalani pemeriksaan rapid test terlebih dahulu.

“Hal itu dikarenakan mereka bertugas mengawasi pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di tempat publik,”tukasnya.(A.riri).

Tinggalkan Balasan