Aparat Gabungan Saat Bubarkan Kerumunan Massa Pada penetapan dan penentuan nomer urut calon Kepala Desa Setia Jaya

AKTUALINDONESIA.com, (BEKASI)- Tegas, Puluhan aparat gabungan yang terdiri dari Kepolisian bersama TNI dan Sat Pol PP (Tim Gugus Tugas Covid 19 Kecamatan) membubarkan massa pendukung kedua calon pada Pilkades Setia Jaya tahun 2021. Pasalnya para pendukung kedua calon Kades cukup banyak, dan bisa mengakibatkan kerumunan massa.

Kapolsek Cabangbungin AKP Sukarman, SH mengatakan, pihak kepolisian bersama TNI membubarkan kerumunan pada saat penetapan dan penentuan nomer urut calon Kepala Desa Setia Jaya

“Jika kerumunan dapat dipastikan mengakibatkan meluasnya penularan Covid-19, maka penegakan protokol kesehatan menjadi sangat urgent demi pertimbangan keselamatan rakyat,” ujar AKP Sukarman, SH saat pimpin pembubaran kerumunan massa di Kantor Desa Setia Jaya, Sabtu (06/03/2021).

Dalam hukum, menurut AKP Sukarman, hal tersebut populer dengan istilah Solus Populi Suprema Lex Esto yang artinya, mengutamakan keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi di suatu negara.

“Apalagi, saat ini pemerintah Indonesia masih menetapkan status darurat kesehatan akibat pandemi virus corona (Covid-19),”tutur AKP Sukarman.

AKP Sukarman menjelaskan, wewenang Polri untuk mengawal jalannya protokol kesehatan di masyarakat di masa PPKM Mikro tentang kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Ada lima jenis pengumpulan massa yang dapat dibubarkan oleh pihak Kepolisian. Pertama, pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lainnya yang sejenis.

Kedua, kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga. Yang ketiga, kegiatan olahraga, kesenian dan jasa hiburan dan yang keempat, unjuk rasa, pawai, dan karnaval serta yang terakhir, kegiatan lain yang menjadikan berkumpulnya massa.

“Oleh sebab itu, tidak sulit bagi pihak kami di bantu TNI dan Sat Pol PP menjalankan wewenang yang sudah diberikan,”katanya.

Dikatakan AKP Sukarman, lantaran tahapan Pilkades serentak 2021 di Desa Setia Jaya digelar dalam situasi pandemi, seharusnya dirancang dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

“Ada 4 lokasi yang kami sisir untuk membubarkan kerumunan massa, seperti di Kantor Desa Setia Jaya, di kediaman calon kades no urut 1, di kediaman calon kades no urut 2, dan lokasi depan rumah dan toko sepanjang jalan Teluk Garut,”tutupnya.(A.riri).

Tinggalkan Balasan